Isim ghoer munshorif;Terkib Majzi
Alamiyah beserta terkib majzi
Juga mengecualikan terkib idhofi,isnadi,dan adadi.
Mari kita mengenal apa sih yang dinamakan terkib majzi???
Yang dimaksud terkib majzi adalah:pencampuran dua kalimat menjadi satu ,bukan karena idhofah atau isnad ,akan tetapi lafad yang kedua menempati seperti posisinya ta ta'nits(dalam arti penempatan i'robnya bertempat pada lafad yang kedua sedangkan lafad yang pertama jika selain ya selalu dibaca fathah) .
Terkib majzi ada dua macam:
1.Terkib majzi yang diakhiri dengan lafad ويه contoh سيبويه dan ini hukumnya mabni menurut qoul yang paling mashur.
2. Terkib majzi yang diakhiri dengan selain lafad ويه.
dan terkib majzi untuk jenis yang kedua ini mempunyai tiga lughot:
a.di'irobi dengan i'robnya isim ghoer munshorif,sedangkan juz awalnya dimabnikan fathah jika memang huruf ahir dari juz awal bukan berupa ya,apabila huruf ahir dari juz awal berupa ya maka dimabnikan sukun seperti معديكرب,ini lughot yang paling fasih.
b.lughot yang no dua yaitu di'irobi seperti halnya lafad yang idhofah,yaitu i'robnya bertempat pada huruf ahir dari juz awal,sedangkan juz yang ahir selalu dikasrohkan.Lalu apabila juz yang kedua terbuat dari isim ghoer munshorif maka juz yang kedua dii'robi seperti i'robnya isim ghoer munshorif contoh pada lafad هرمز dalam susunan terkib majzi berupa رام هرمز,pada lafad tersebut juz keduanya berupa isim ghoer munshorif dengan ilat alam serta ajam,maka untuk i'robnya lafad رام هرمز jika mengikuti pendapat yang nomor dua juz awalnya di'irobi sesuai dengan tuntutan amil sedangkan juz yang kedua di'irobi dengan i'robnya isim ghoer munshorif.Dan pada semisal lafad (موت) من (حضر موت) jika mengikuti pendapat yang nomor dua juz awalnya di'irobi sesuai dengan tuntutan amil sedangkan juz yang kedua dimunshorifkan karena lafad موت bukan termasuk isim ghoer munshorif.
c.Dimabnikan fathah kedua juznya seperti halnya lafad خمسة عشر,dan jika huruf ahir dari juz awalnya berupa ya maka disukun.ini merupakan qoul yang dhoif.
التركيب المزجي، والمراد به جعل الاسمين اسما واحدا، لا بإضافة
ولا بإسناد، بل بتنزيل ثانيهما من أولهما منزلة تاء التأنيث2.
والمركب المزجي نوعان:
أحدهما ما ختم ب(ويه). ك(سيبويه). وهذا مبني على الأشهر، كما
تقدم في المبنيات . وإنما لم يحترز عنه لتقدم ذكره هناك.
وثانيهما ما ختم بغير (وَيْه) وفيه ثلاث لغات 3:
إحداها، وهي أفصحها، إعرابه إعراب ما لا ينصرف، ويبنى أول جزءيه
على الفتح، إن لم يكن آخره ياء، فإن كان آخره ياء سُكِّن، نحو (معديكرب ) و(قالي
قلا) 4.
اللغة الثانية أن يعرب إعراب المتضايفين5، ويكون ثاني جزأيه كالمستقل
.
فإن كان فيه مع العلمية سبب يؤثر مُنع الصرف، ك(هرمز) في (رام
هرمز) 1 فإن فيه العجمة مع التعريف. وإلا صُرف ك(موت) من (حضر موت) 2 فإنه ليس فيه
مع العلمية سبب آخر.
اللغة الثالثة أن يبنى الجزآن على الفتح، إلا أن يعتل الأول
فيسكن3. وهو في هذه اللغة مشبّه ب(خمسة عشر). واحترز بتقييده بالمزجي عن الإضافي
والإسنادي، وقد تقدم حكمهما، وعن تركيب العدد4، وقد تقدم حكمه أيضا
.
شرح شذور الذهب في معرفة كلام
العرب
أو تركيب مزج الثامنة تركيب المزج ويمنع مع العلمية لشبهه
بهاء التأنيث في أن عجزه يحذف في الترخيم كما تحذف وأن صدره يصغر كما يصغر ما هي
فيه ويفتح آخره كما يفتح ما قبلها
همع الهوامع في شرح جمع الجوامع
Mohon subscribenya bosss!!!!
Komentar
Posting Komentar