definisi dan syarat kalam menurut ulama nahwu
Adapun yang akan kita bahas sekarang adalah kalam menurut ulama ahli nahwu yaitu:
هو اللفط المركب المفيد بالوضعالكلام
yaitu suatu lafad yang tersusun dari dua kalimat atau lebih yang memberikan faidah kepada si pendengar dan pengucapannya disengaja{tidak nglindur atau mengigau}
هو اللفط المركب المفيد بالوضعالكلام
Kalam menurut ulama nahwu merupakan suatu lafad yang tersusun yang memberikan faidah kepada si pendengar dan pengucapannya disengaja{tidak nglindur atau mengigau}.contoh قام زيد , زيد قام
kedua lafad tersebut merupakan sebuah kalam karna berupa lafad yang tersusun dari dua kalimat atau lebih dan ketika kita mengucapkan lafad tersebut ,orang yang mendengarnya pun akan bisa memahami bahwa zaid itu berdiri.
Lalu disini kita akan mengupas apa sih yang dinamakan lafad dalam bahasan disini.
Lafad secara bahasa artinya mencelupkan, melempar. sedangkan lafad secara istilah nahwu yaitu suara yg mengandung huruf hijaiyah yang awalnya diawali alif dan akhirnya berupa dengan ya. Baik mengandung hurufnya secara haqiqot seperti zaidun زيد atau secara hukman seperti domir mustatir qum قم .karena domir mustatir dihukumi seperti sesuatu yang dilafadkan
اللفظ اي الصوت المشتمل على بعض الحروف الهجائية التي اولها الألف وآخرها الياء حقيقة كان الإشتمال كزيد او حكما كالضمير المستتر في فعل امر الواحد نحو قم فانه في حكم الملفوظ حقيقة
الكواكب الدرية
a}Lafad
Adapun lafad menurut ahli nahwu terbagi 2.lafad mustamal dan lafad muhmal. Lafad mustamal yaitu lafad yang dibuat oleh orang arab untuk menunjukkan suatu makna.sperti زيد {menunjukkan orang yang bernama zaid} Adapun lafad muhmal yaitu lafad yang dicetak oleh Arab tidak untuk mnunjukkan suatu makna seperti kebalikannya lafad zaidun yaitu ديز
فاللفظ ينقسم عند النحاة إلى لفظ مستعمل ولفظ مهمل، ما حقيقة اللفظ المستعمل؟ هو ما وضعته العرب، يعني لمعنى. جعل اللفظ دليلاً على معناه أو لمعنى. الثاني: المهمل، مُهْمَل مُفْعَل مأخوذ من الإهمال، وهو: الترك، وهو الذي لم تضعه العرب
شرح القويسني على السلم المنورق للأخضري
b}Murokab
secara bahasa adalah
وضع شئ علي شئ سواء كان علي جهة الثبوت ام لا
menempatkan sesuatu diatas sesuatu baik penempatan itu bersifat permanen atau tidak sperti halnya bangunan bata pada rumah.
Sedangkan Murokab secara istilah adalah :ما تركب من كلمتين فاكثر
Sesuatu yang tersusun dari dua kalimat atau lebih contoh قام زيد , زيد قام
adapun kalam hanya akan tercipta dari kalimat isim dengan isim atau kalimat fiil dengan isim.
c} Mufid
الركن الثالث: أن يكون مفيدًا. والمقصود بالإفادة هنا أن يحسن السكوت عليه من المتكلم بحيث لا يصير السامع منتظرا لشيءٍ آخر.
فتح رب البرية
.Mufid yaitu memberikan suatu faidah atau pemahaman ,yang dimaksud memberikan faidah disini yaitu sekiranya orang yang mendengar diam karena sudah faham dan tidak menunggu sesuatu yang lain lagi.
d} wadho
Adapun wadho terdapat dua pendapat ada yang menafsirkan wadho itu qosdu (disengaja)ada yang menafsirkan kalam dicetak dalam bahasa Arab. akan tetapi qoul ashoh mengatakan wadho itu dicetak dalam bahasa Arab. Wadho itu sendiri adalah menjadikan atau menggunakan lafad untuk menunjukkan terhadap suatu makna. Bagi ulama yang menafsirkan wadho itu dicetak dalam bahasa Arab maka bahasa inggris, barbar dan Perancis bukan termasuk kalam.adapun bagi ulama yg menafsirkan wadho itu adalah qosdu maka bahasa inggris barbar dan Prancis termasuk kalam. Tetapi qoul yang ashoh mengatakan wadho itu bermakna dicetak dengan bahasa arab.
وهنا اختُلف في تفسير الوضع هل المراد به القصد أو الوضع العربي؟ الأصح أن المراد به الوضع العربي. وهو جعل اللفظ دليلاً على المعنى- هذا في المفردات- فأخرج كل لفظٍ ليس بعربي كلغة البربر والإنجليز والفرنسي ونحوها فهذه لا تسمى كلامًا في اصطلاح النحاة مع كونها لفظًا مركبًا مفيدًا ولكنها ليست موضوعةً بالوضع العربي. ودخل بهذا القيد كلام النائم والناسي والساهي والمجنون ومن جرى على لسانه ما لا يقصده لأنهم تكلموا بكلامٍ عربي. إذا تلفظ النائم فأتى بكلام مركب من جملة اسمية أو جملة فعلية. نقول: هو لفظٌ مركب مفيدٌ وموضوع بالوضع العربي لكنه ليس مقصودًا لأنه نائم مرفوع عنه التكليف فحينئذٍ نحكم على كلامه بأنه توفرت فيه القيود الأربعة التي وضعها النحاة. أما من فسر الوضع بالقصد قال: كلام النائم والساهي ونحوه لا يسمى كلامًا لاشتراط القصد في الكلام فلابد أن يكون مقصودًا من جهة المتكلم أي إرادة المتكلم إفادة السامع، لابد أن ينوي في قلبه أنه أراد إفادة السامع. والنائم إذا قام فتكلم لم يرد إفادة السامع، فمن فسر الوضع بأنه القصد أخرج كلام النائم والمجنون والساهي ومن جرى على لسانه ما لا يقصده، ودخل معه كلام البربر والتكرور والفرنسي والإنجليزي ونحوه فيسمى كلامًا في اصطلاح النحاة ولو لم يكن موضوعًا بالوضع العربي، لكن الأصح أنه يفسر بالوضع العربي
فتح رب البرية
Imam malik termasuk ulama yang menafsirkan wadho itu qosdu
الكلام القصد، وهو إرادة المتكلم إفادة السامع؟ لا بد أن يريد أن يفيد المتكلم السامع، فإن انتفى ذلك القصد حينئذٍ لا يسمى كلاماً ،
وهل يشترط في هذا فيه قولان أيضاً للنحاة:الأول: نعم، وجزم به ابن مالك فلا يسمى ما ينطق به النائم كلاماً كما ذكرنا،.............
Abu hayyan termasuk yang menafsirkan wadho itu ga harus qosdu yang penting bahasa Arab dengan dalil perkataan beliau . ......
فكل ما كان خارجاً عن اللفظ والمعنى ليس بمقصود، ولا علاقة له في صحة الكلام وعدمه، بل النظر إلى الفعل والفاعل والمبتدأ والخبر. والثاني لا، يعني: لا يشترط القصد، وصححه أبو حيان؛ لأن المراد بالكلام النسبة الإيجابية أو السلبية فحسب، ولا نظر للنحاة فيما عدا ذلك البتة، فكل ما كان خارجاً عن اللفظ والمعنى ليس بمقصود، ولا علاقة له في صحة الكلام وعدمه، بل النظر إلى الفعل والفاعل والمبتدأ والخبر.
شرح ألفية ابن مالك للحازمي
Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa syarat kalam terdiri dari 4 syarat yaitu lafad,murokab,mufid,dan wadho.kalau tidak memenuhi 4 syarat tersebut maka bukanlah kalam menurut ulama nahwu.
Tambahan:
Artikel kali ini hanya membahas syarat dari kalam.adapun pembahasan selanjutnya di artikel yang akan datangTambahan:
Apakah disyaratkan bagi kalam yg mengucapkan harus satu orang? Cntoh zaidun qoimun diucapkan oleh satu mutakallim. Disini ada 2 pendapat
1.dsyaratkan harus keluar dari satu mutakallim maka jika ada 2 mutakallim yang satu mengucapkan zaidun dan yg kedua mengucapkan qoimun maka itu bukan kalam. Karena kalam adalah amal tunggal dan maka pasti amilnya juga satu.
2.tidak disyaratkan kalam harus keluar dari satu mutakallim seperti halnya ittihadul kaatib (Satu penulis) tidak menjadi ukuran bagi sebuah tulisan bisa dikatakan tulisan ,ini dibenarkan oleh Imam ibnu malik dan abu hayyan.
هل يشترط فيه اتحاد الناطق؟ قولان: الأول: نعم، يشترط ذلك، فلو اصطلح رجلان على أن يذكر أحدهما فعلاً والآخر فاعلاً، اصطلحا، أنا أقول: قام، وأنت تقول: زيد، أو مسند مبتدأ، مثلاً يقول: زوجتي، الثاني يقول: طالق، حينئذٍ تقع مشكلة، فلو اصطلح رجلان على أن يذكر أحدهما فاعل والآخر فعل أو مبتدأ والآخر خبر لم يسم ذلك كلاماً؛ لأن الكلام عمل واحد، فلا يكون عامله إلا واحداً. وعلى هذا يزاد في الحد: من ناطق واحد.
والثاني: لا يشترط، وصححه ابن مالك وأبو حيان، كما أن اتحاد الكاتب لا يعتبر في كون الخط خطاً......
شرح ألفية ابن مالك للحازمي
وهل يشترط إفادة المخاطب شيئاً يجهله، يعني: هل يشترط بقوله: المفيد، أن يكون مفيداً فائدةً متجددة، جديدة؟ لو قلت: السماء فوقنا والأرض تحتنا، وأنا أمامكم، وأنتم أمامي، هذا فيه جديد؟! هل يسمى كلاماً؟ هذا محل نزاع بين النحاة، بعضهم يشترط ذلك: أنه لا بد من تجدد الفائدة، يعني: أخبرك بشيء لا تعلمه، فإن أخبرتك بشيء تعلمه حينئذٍ لا يسمى كلاماً، فخرج أكثر كلامنا، لو اشترطنا تجدد الفائدة، هل يشترط إفادة المخاطب شيئاً يجهله؟ قولان: الأول: نعم، وجزم به ابن مالك، فلا يسمى نحو: السماء فوق الأرض، والنار حارة، وتكلم الرجل كلاماً، هل فيه فائدة جديدة؟ ما فيه فائدة لا بد أن تفصل ما هو هذا الكلام، حينئذٍ لعدم وجود فائدة من هذا الكلام جديدة على ذهن السامع، قال: لا يسمى كلاماً. والثاني: لا، يعني: لا يشترط وصححه أبو حيان، رد على ابن مالك، قال: وإلا كان الشيء الواحد كلاماً وغير كلام إذا خوطب به من يجهله فاستفاد مضمونه ثم خوطب به ثانياً، يعني: قلت لك: الفاعل مرفوع، كلام جديد
شرح ألفية ابن مالك للحازمي
Apakah kalam disyaratkan memberikan faidah kepada mukhotob sesuatu yang belum diketahui mukhotob
Yakni apakah didalam syarat kalam yang nomer 3 yaitu mufid disyaratkan memberikan faidah yang baru {tajaddudul faidah
السماء فوقنا و الأرض تحتنا Sehingga ucapanا
Apakah ini bisa dinamakan kalam?
Disini terdapat beberapa pendapat
1.mensyaratkan tajaddudul faidah.dan imam ibnu malik termasuk ulama yang mensyaratkannya.
2.tidak mensyaratkan tajaddudul faidah dan abu hayyan termasuk ulama yang tidak mensyaratkannya.
Komentar
Posting Komentar